Mbelgedhes!

Ilustrasi postingan penuh kebencian.

Ilustrasi postingan penuh kebencian.

Beberapa waktu lalu, di linimasa akun facebook saya banyak mengalir tautan yang dibagikan beberapa teman untuk melaporkan akun dan situs yang dianggap selalu menyebar fitnah.

Saya juga sebenarnya gemes dan geregetan dengan akun dan situs seperti ini. Untuk akun, perlakuannya lebih mudah sih, enggak usah follow! Atau klik unfollow pada teman yang isi statusnya kita rasa mengganggu.

Namun untuk situs memang agak susah. Saya sering melihat beberapa teman yang masih menjadikannya sebagai rujukan warta dan membagi begitu saja di linimasa.

Heran. Begitu pikir saya setiap kali melihat konten seperti ini dibagikan. Apa tidak dibaca dulu isinya seperti apa?

Bego. Rutuk saya dalam hati.

Secara kasat mata saja, kebanyakan konten situs ini jelas menjelek-jelekan orang lain. Lalu kenapa masih terus dibaca? Kenapa dibagi? Apa manfaatnya?

Demi Indonesia? Demi agama?

Pret.

Kalau memang demi Indonesia, seseorang enggak mungkin dengan mudah menghina lambang negaranya. Kalau memang demi agama, kenapa kalimat dan bahasa yang digunakan sama sekali jauh dari ajaran agama? Kalimat-kalimat bernada marah, menuduh, menyalahkan bahkan dengan tega mencaci-maki.

Dakwah?

Dakwah model apa ini jika selalu marah-marah dalam penyampaian? Yang kadang juga dikaitkan dengan ayat-ayat yang ujung-ujungnya digunakan sebagai pembenaran. Dakwah mbelgedhes!

Meskipun demikian, saya menolak jika situs-situs seperti ini diberedel. Hambok biar. Dunia enggak akan seru jika diisi dengan pemikiran yang sama, seragam dan flat toh?
Malah justru dengan adanya banyak pilihan begini, seseorang akan tambah pintar. Memilih mana yang sekiranya baik, mana yang sekiranya bisa dijadikan hiburan dan lucu-lucuan.

Kan ya jadi seru kalau kita jadi tau karakter teman yang sebenarnya dari status dan situs yang dibagi toh? Hihi..

Menurutmu bagaimana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s