Telat[dan]

“Sudah sampai mana, mam?” terlihat sms dari salah satu siswa kelas yang mestinya saya masuki. Tidak saya balas. Pulsa lagi kosong. Hehe

Bis sudah memasuki kawasan hutan karet. Artinya 15 menit baru akan sampai di perempatan di depan kecamatan Keling, di mana pangkalan tukang ojek berada.

Tempat saya mengajar memang lumayan jauh dari tempat tinggal saya. 45km dari pusat kota Jepara. Sekitar 1,5 jam perjalanan naik bis ditambah sekitar 5 menit naik ojek. Mesti naik ojek memang, karena tempat saya mengajar ini lokasinya agak masuk dari jalur utama bis yang menghubungkan Jepara – Pati.

“Kirain ga masuk, mam. Baru saja kami mau turun”

“Telat lagi, mam”

Demikian komentar siswa yang sudah menunggu sejak jam 7 pagi di pintu lab. Jam di tangan kiri menunjukkan jam 7:17 menit. Terlambat 17 menit!

Tidak kali ini saja saya terlambat masuk kelas di jam pertama dan setiap kali saya selalu meminta maaf ke siswa. Maaf saja? Apa itu cukup bagi anak-anak ini? Mestinya tidak. Anak-anak ini pasti kecewa.

Guru itu teladan. Guru itu panutan. Guru itu suci; benar apa yang dikatakan dan indah cara menyampaikan.

Terngiang-ngiang apa yang selalu disampaikan salah satu profesor saya di kelas perkuliahan yang saya ikuti. Oleh beliau, kalimat di atas diberikan sebagai modal, calon guru profesional.

Saya malu. Malu karena melukai semangat anak-anak di pagi ini. Saya malu dengan bagaimana anak-anak ini memandang saya sebagai guru. Saya seharusnya adalah teladan. Tapi apa yang saya lakukan? Saya bukanlah teladan, saya telat[dan].

 

 

 

2 thoughts on “Telat[dan]

  1. Terima kasih artikelnya Bu, semoga semakin memotivasi saya untuk lebih rajin dan lebih awal berangkat ke tempat mengajar, karena jarak rumah saya dengan tempat saya mengajar relatif dekat.

Leave a Reply

