TwitterLand

Akrab dong dengan,”whats on your mind?” hehe..kebayangnya langsung warna biru dengan bentuk huruf “f” yang khas. Yup, Facebook. 😀

Tentang facebook saya sudah pernah menuliskannya ya..betapa saya sangat tertarik dengan status-status yang dituliskan oleh teman-teman saya. Hehe

Nah sekarang kalo ada kalimat,”whats happening?” akrab juga ga?

Mungkin sebagian orang sudah akrab dengan kalimat ini, tapi sebagian besar yang lain, tidak.

Twitter. Pengkicau. Bukan pengkacau looh..hehe. Twitterland, demikian para pengkicau biasa menyebutnya. Twitterland adalah negeri penuh celoteh yang sarat isi. Twitterland juga mengajarkan tentang demokrasi dan keikhlasan, dalam arti kami bisa mem-follow orang-orang yang kami maui tapi jika kita tidak suka twit-twitnya,kita bebas saja untuk meng-unfollow. Tidak ada sakit hati disini. Memang kebanyakan dari penghuni twitterland adalah orang-orang yang sebelumnya tidak saling mengenal atau tidak mengenal secara pribadi. Jadi, tidak ada unsur sungkan atau tidak sungkan dalam hubungan pertemanannya. Hehe..

Di twitterland kami hanya punya 140 karakter untuk menuliskan ide, pikiran bahkan protes dan juga menuliskan apa yang sedang terjadi di sekitar kami. Upload foto juga terbatas.

Kebanyakan penghuni twitterland cenderung responsif terhadap apa yang terjadi disekitar mereka.Dengan kata lain kicauannya kebanyakan akurat, riil dan live. Mungkin ini sebabnya ada beberapa media berita online yang sering menjadikan twitter sebagai source berita mereka.

Karena hanya punya 140 karakter itu, sedangkan kebanyakan dari penghuni twitterland kebanyakan juga idenya maka tak jarang twit dituliskan secara terus menerus. Kalau dalam facebook istilahnya update status tanpa henti. Nah kan..jadi tau kenapa disebut twitter atau pengkicau. Hihi..

Di twitterland pengetahuan dari berbagai macam ilmu, sangat murah dan diobral, gratis!

Bagi penyuka puisi, bisa kita cari akun yang akan mentwitkan puisi berkualitas dari orang-orang yang sudah terkenal sampai puisi penghuni twitterland itu sendiri. Note for myself : selama beberapa kali mengirim puisi pada @sajak_cinta cuma satu puisi saya yang diReTweet adminnya..ahahaha..pantang menyerahlah selalu mencoba lagi 😀

Kalau kita mencari ilmu tentang kesehatan atau kedokteran, silahkan follow @blogdokter, untuk yang tertarik matematika @istanamatematik, @tombo_ati untuk kedamaian jiwa dan sebagainya.

Di twitterland kami diajarkan untuk saling share ilmu. Kami dipersilahkan untuk mengambil dan membagi-bagi ilmu yang ada tapi tetap ada syaratnya yaitu mengedepankan nurani. Jika seorang penghuni twitterland menyukai twit seseorang lalu membagi atau menuliskannya, dia wajib mencantumkan source akunnya,biasanya kita tuliskan ~via @siapa~. Jadi bila tidak ada unsur “via @siapa” dalam sebuah twit maka penghuni twitterland akan menterjemahkannya sebagai twit asli.

Tidak ada aturan tertulis tentang hal ini ya..tapi sekali lagi ini tentang nurani masing-masing penghuni. Bisa jadi twit- twit itu hasil pemikiran atau perenungan pribadi yang bersangkutan atau bahkan dari hasil pembelajaran bertahun-tahun. Lagipula twit juga dilindungi hak ciptanya lohh..Jadi akan sangat tidak bijaksana jika kita seenaknya saja asal copas tanpa menyebutkan source akunnya ^^

Saya pribadi merasa sangat kerasan di twitterland. Meski tidak banyak pemandangan seperti di facebook, dan melulu text tapi ilmu yang saya dapatkan sangat luar biasa. Setiap orang sepertinya lebih bebas mengungkapkan apa yang ada dipikiran mereka. Luar biasa..

Jadi, bijaklah kawan..menurut @Pri_GS keindahan kata-katamu sungguh palsu jika itu bukan asli milikmu. Hehe..

Selamat ngetwit yah, everyone..semoga mendatangkan manfaat bagi dirimu dan orang-orang disekitarmu ^^

Berikut kamus istilah dalam Twitter :

Follow         : mengikuti akun yang kita sukai

Unfollow    : sama dengan unfriend dalam facebook artinya kita tidak mengikutinya lagi.

Following  : orang-orang yang kita ikuti.

Follower   : orang-orang yang mengikuti kita.

Linimasa (Timeline) : dalam facebook kita mengenalnya dengan home/beranda yaitu berisi celoteh orang-orang yang kita follow.

Mention  : ketika seseorang menuliskan id kita. Gampangnya rada mirip notifikasi dalam facebook.

Reply      : digunakan untuk membalas mention atau komentar dari orang lain

ReTweet (RT)  : digunakan untuk menshare isi twit yang kita follow. Mirip “sundul” dalam kaskuslah. Hihi..Retweet dalam penggunaannya dianjurkan untuk sangat bijak. Jika kita meRT sebuah twit maka otomatis seluruh follower kita mengetahui twit tadi. Jadi akan sangat tidak bijaksana jika kita menggunakan RT bukan Reply terhadap mention yang bersifat pribadi.

Hashtag (tanda pagar “#”) : digunakan untuk memberi arti atau membuat keyword terhadap kata tertentu yang bila kita mengkliknya akan muncul page baru twit darimana saja yang menggunakan hashtag tersebut. Contoh : #JadiTahu, #UFO, #Meteor  jika kita klik akan muncul semua twit yang menggunakan #JadiTahu, #UFO dan #Meteor.

Kultwit     : twit bernomor. Biasanya yang ngetwit adalah orang-orang yang berkompeten yang menguasai bidang tertentu yang menyediakan waktu untuk menularkan ilmunya.

Advertisements

5 thoughts on “TwitterLand

  1. twitterland memang mengagumkan mbk,
    baik dari sisi tweeople maupun isinya..
    kecenderungan yang difollow adalah apa yang kita suka dan menarik, jadi cenderung betah dan nyaman dg segala `info` yang berlalu lalang di lini masa.

    sy cenderung memakai retweet utk mereply mention, untuk memperjelas saja mbk, mereply info yg mana, terlihat sambungannya, imo 😀 tetapi tentunya secara bijaksana 🙂

    • baiknya gunakan Reply saja, Lyla..tambahkan re: topik pada akhir twit. Sehingga yang kamu reply ngerti..
      selamat ngetwit dan duduk manis menyerap ilmu yang lalu lalang di linimasamu, yah ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s