KETIKA ANAKKU BELAJAR BER-ANALOGI

jagha

jagha in a woods

Sore itu saya dengar JaGha ribut di teras depan. “Kamu item, aku putih” “engga..aku belum putih, kamu nanti item” hedeh..soal ituu lagi..heemm

 

Sudah seriiing sekali topik warna kulit ini menjadi perdebatan mereka. Kedua anak saya ini memang kebetulan mempunyai warna kulit yang agak berbeda. Ghaida anak perempuan saya mempunyai warna kulit yang cantik, agak berwarna dan Jabra anak lelaki saya mempunyai kulit yang lumayan terang. Jadi, bisa ditebak dong percakapan diatas itu mana Jabra dan mana Ghaida? Hehe..

Entah ide darimana mereka bisa sampai membahas tentang warna kulit. Bisa juga dari teman di sekolah mereka atau mungkin saja dari iklan televisi tentang produk kecantikan yang tidak sengaja mereka lihat. Terus terang saja topik ini sangat mengganggu.

Warna kulit. Hadeh. Topik yang ga penting banget. Tidak bisa juga kita salahkan iklan televisi itu atau menjauhkan JaGha dari teman-temannya. Saya pikir, berangkat dari rumah sajalah kita bangun pengertian-pengertian yang benar tentang topik-topik semacam ini.

“Jagha, apanya nih yang item dan belum item? Apanya juga yang putih dan belum putih?”, saya mulai menyapa mereka.

Dengan wajah ditekuk, Ghaida menjawab, “kata dek Jabra aku itu item buk. Engga ya buk, aku kan belum putih. Nanti kalo aku besar kan putih kaya ibuk ya buk”

“Mas Jabra, emang kenapa gitu kalo mba Ghaida item?” “kalo item ga cantik ya bun?”, jawab Jabra *dweng!*

“kata siapa juga kalo item itu ga cantik?” “temen-temenku” ibun *manggut-manggut*..well..

“Putih, item warna kulit itu ga penting mba, mas. Yang penting kita itu sehat, pintar, punya hati yang baik. Senang menolong, ga ngambekan, ga suka marah-marah..”

“Sekarang lihat ayah dan bunda deh, kalo item putih warna kulit itu penting, ibun ga mau deket-deket ayah dong..kan item”

“Hehe..” mereka tertawa.

Dan tiba-tiba saja terdengar analogi tak terduga dari si Jabra,”tapi kalo bunda jadi item, mau ga ayah cium-cium bunda lagi?” *tepok jidat* wekekeke…

Mari kita tanya ayahmu ya nak..^_

Kamus Jagha ;
Jagha : panggilan sekaligus untuk Jabra dan Ghaida
Ibun : saya membahasakan untuk memanggil diri saya sendiri. Karena Ghaida memanggil saya ibuk dan Jabra ; bunda.

7 thoughts on “KETIKA ANAKKU BELAJAR BER-ANALOGI

  1. warna kulit itu pemanis
    Ghaidah cantik dan manis
    kalo bunda karena kulitnya putih jadi cuma cantik aja, manisnya muncul kalo lagi senyum aja
    😉

  2. Jadi gak sabar pengen lihat Ghariz (Ghalib & Rizky) bisa ngobrol kayak gitu.
    Ghalib sih ngomongnya udah fasih, tapi Rizky belum bisa ngomong. Jadi komunikasi mereka cuma satu arah, kalo Ghalib ngomong Rizky hanya bisa melongo, atau kalo gak setuju dengan omongan Ghalib, ia hanya bisa tereak 🙂

    Salam dari Ghariz Buat JaGha 😉

  3. mbak nin, kok bisa dpt 2 panggilan, ibu sm bunda?
    pilihan mereka sendiri utk memberikan panggilan itu?

    hihi, memang percakapan anak-anak itu lucu dan jujur sekali..
    gak sabar juga pingin dengerin percakapan2 itu di keluarga sendiri 😀

    benar sekali mbk, yang berharga seringkali tak terlihat dg mata, jadi item putih, gk masalah 😀

    btw, fotonya bagus mbk 🙂

    • My dear lyla.. Bener sekali jika item putih sm sekali ga penting. Tapi memasukkan pengertian tsb ke anak2 sangat susah dg mereka melihat lingkungan yg mempermasalahkan. Tapi ibun tetep semangatlah meracuni mereka..hehe

      Basicnya sih bunda. Tapi mba Gha yg minta ganti ibu. Malah skr usul lagi mo panggil mami..eleh eleh..:-D

      Saya suka photography lyla. Tapi lum ada duit beli yang kamera beneran. Jd suka aja take pic pake hape..hihi

      Danke ya lyla..*hugs*

Leave a Reply

